Terungkap! Manfaat Blueberry Untuk Pengobatan Penyakit Mata

May 31, 2018 0 By admin

Manfaat Blueberry Untuk Pengobatan Penyakit MataTahukan Anda? Buah blueberry ternyata mempunyai manfaat luar biasa terhadap kesehatan mata. Bahkan, orang Jepang begitu kagum dengan manfaat kesehatan blueberry, sehingga mereka telah menjuluki buah blueberry dengan “Buah Penglihatan”. Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan oleh khasiat buah blueberry yang tidak diragukan lagi dan sudah dipercaya sejak ribuan tahun. Blueberry dipercaya dapat mencegah bahkan membantu mengobati berbagai masalah mata terkait usia termasuk degenerasi makula, katarak, miopia dan hipermetropia, kekeringan, serta infeksi yang berkaitan dengan retina. Ingin tau apa saja manfaat blueberry untuk pengobatan penyakit mata? Mari kita simak penjelasan dibawah ini.

Buah Blueberry “Si Ratunya Buah”

Buah Blueberry merupakan salah satu dari beberapa buah yang dikemas dengan antioksidan dan dianggap sebagai buah terbaik untuk meningkatkan kesehatan mata Anda. Blueberry mengandung antioksidan khusus yang disebut karotenoid (lutein, zeaxanthin dll), flavonoid (seperti rutin, resveratrol, quercetin dll), dan senyawa antioksidan lainnya. Ekstrak blueberry mampu menyelamatkan Anda dari berbagai penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan dan gangguan penglihatan. Blueberry tidak hanya kaya akan nutrisi konvensional, tetapi juga mengandung sangat kaya flavonoid dan senyawa polisakarida, juga dikenal sebagai “Queen of Fruits” dan “King of Berries“.

Mengandung Tinggi Antioksidan

Tes ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) merupakan salah satu alat paling akurat yang tersedia untuk mengukur tingkat antioksidan buah dan sayuran segar. Salah satu tes yang dilakukan menunjukkan bahwa porsi blueberry memperkenalkan lebih banyak antioksidan ke dalam tubuh dibanding kebanyakan buah dan sayuran lainnya.

Data dari Pusat Penelitian Gizi Manusia USDA pada Aging di Boston, MA, peringkat blueberry tinggi pada daftar buah-buahan dengan aktivitas antioksidan yang paling kuat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan USDA Dr. Ronald Prior dan Dr. Guohua Cao juga menunjukkan blueberry memiliki kapasitas antioksidan terkuat dari 40 buah dan sayuran yang berbeda.

Menurut Dr. Prior, karakteristik antioksidan pada blueberry kemungkinan karena anthocyanin. Warna biru buah beri adalah hasil dari konsentrasi anthocyanin mereka yang banyak. Jadi, semakin kuat warna birunya, semakin baik juga kandungan didalamnya!

Manfaat Blueberry Untuk Pengobatan Penyakit Mata

Manfaat Blueberry Untuk Pengobatan Penyakit MataDengan kandungan gizinya yang lengkap, buah blueberry dapat meningkatkan sirkulasi pembuluh darah di pembuluh darah kecil di mata, maupun dalam sirkulasi umum. Dengan cara ini, blueberry mempengaruhi peningkatan penglihatan dan membantu mata untuk beradaptasi dengan perubahan cahaya. Karena itu, blueberry direkomendasikan demi meningkatkan penglihatan di malam hari. Ekstrak blueberry juga dapat mencegah kerusakan mata pada penderita diabetes seperti retinopati diabetik.

Buah blueberry kaya akan pigmen tumbuhan, flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Sehingga dapat digunakan untuk melindungi kapiler dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini disebabkan oleh banyak penyakit, misalnya retinopati diabetik, glaukoma, katarak, dll.

Glaukoma adalah salah satu penyebab utama kebutaan di Amerika Serikat. Kondisi mata ini mempengaruhi penglihatan dengan merusak fungsi saraf optik. Blueberry mengandung vitamin C dan Vitamin A dalam kelimpahan – keduanya memainkan peran penting dalam menghambat efek berbahaya dari radikal bebas. Ekstrak blueberry membantu meminimalkan tekanan intraokular dan meminimalkan perkembangan glaukoma. Ekstrak ini juga membantu mencegah pembentukan makula dengan mempertahankan jaringan ikat di mata.

Menurut majalah “Life Extension”, buah blueberry mungkin memiliki manfaat bagi mata di luar apa yang bahkan diketahui.

Nilai Gizi Blueberry

Buah blueberry kaya akan nutrisi, dengan kandungan asam amino, zinc, kalsium, besi, tembaga dan vitamin yang tinggi. Ini tidak hanya memiliki efek kesehatan nutrisi yang baik, tetapi juga memiliki fungsi sebagai antioksidan, mencegah dan membantu mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit mata.

  • Anthocyanin
    Blueberry mengandung anthocyanin, yang dapat mengaktifkan fungsi retina, dan memperkuat penglihatan, mencegah mata lelah. Selain itu juga dapat mengurangi penyakit radang mata dan bahkan retinopati diabetes, atau kerusakan pada mata karena diabetes. Direkomendasikan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB sebagai salah satu dari lima buah sehat di dunia.
  • Vitamin A
    Vitamin A adalah antioksidan yang ditemukan dalam blueberry yang juga melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, dan umumnya meningkatkan kesehatan mata dalam berbagai cara. Vitamin A membantu melawan radang mata. Vitamin A bahkan dapat bermanfaat dalam perawatan mata kering.
  • Vitamin C
    Blueberry mengandung 14 mg vitamin C per cangkir. Vitamin C sangat penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak mata dan menyebabkan berbagai penyakit. Menurut “Journal of Orthomolecular Medicine,” vitamin C mengurangi tekanan intraokular, mengurangi potensi untuk mengembangkan glaukoma. Glaukoma yang mengacu pada berbagai kondisi mata yang merusak saraf optik, adalah penyebab kebutaan terbanyak kedua di Amerika Serikat. Vitamin C juga membantu mempertahankan jaringan ikat di mata dan dapat mencegah degenerasi makula.
  • Vitamin E
    Vitamin E dalam blueberry dapat membantu menghentikan pembentukan katarak, atau mengaburkan lensa mata. Dalam sebuah studi tahun 2008 yang mengevaluasi asupan makanan lebih dari 35.000 profesional kesehatan wanita, wanita yang dietnya (termasuk suplemen) memiliki tingkat lutein dan vitamin E tertinggi memiliki risiko relatif lebih rendah dari katarak dibandingkan wanita yang dietnya berada di 20 persen terendah. Penelitian lain menunjukkan vitamin E dapat membantu mengurangi memburuknya degenerasi makula terkait usia (AMD) di antara orang-orang yang menunjukkan tanda-tanda awal penyakit mata.
  • Seng
    Satu cangkir blueberry mengandung 0,24 miligram seng. Seng, mineral penting lainnya untuk kesehatan mata, juga membantu melindungi terhadap degenerasi makula dan rabun senja, memungkinkan penyesuaian mata yang lebih baik dalam kondisi gelap. Seng juga membantu tubuh lebih baik menyerap vitamin lain, seperti vitamin A.

Menurut para ilmuwan Amerika, Jepang dan Eropa, konsumsi produk blueberry secara teratur, dapat secara signifikan meningkatkan penglihatan dan menghilangkan kelelahan mata. Laporan klinis juga menunjukkan bahwa anthocyanin blueberry dapat mempromosikan sel retina dalam regenerasi rhodopsin, mencegah miopia dan meningkatkan penglihatan.

Rekomendasi

Untuk menjadikan buah blueberry utuh sebagai menu cemilan harian tentunya tidaklah mudah. Terlebih di Indonesia ini buah blueberry terbilang cukup sulit ditemukan. Selain itu, menyimpan buah utuh juga beresiko mudah membusuk. Maka dari itu kami rekomendasikan suplemen kesehatan mata yang terbuat dari komposisi utama blueberry yaitu Walatra Sehat Mata Softgel. Produk kesehatan mata yang terbuat dari ekstrak blueberry berkualitas yang diproses secara higienis dan menggunakan teknologi tercanggih saat ini yaitu teknologi nano. Produk ini juga sudah terdaftar di BPOM dan Halal MUI sehingga terjamin mutu dan kelayakan konsumsinya. Info lebih lengkap klik Disini

Manfaat Blueberry Untuk Pengobatan Penyakit Mata